Konsep Dasar OOP

Konsep dasar OOP.
Adalah terobosan baru pemrograman yang memodelkan semua keadaan di dunia nyata sebagai objek dan terjadi interaksi antara objek-objek tersebut, kemudian diwujudkan dalam bentuk program yang dibuat secara modular yaitu objek dapat ditulis dan diperbaiki secara terpisah. Selain modulariti juga dengan sistem abstraction yaitu teknik melihat sesuatu sebagai kumpulan subsistem yang saling berinteraksi.

Contohnya :
Motor adalah kumpulan dari sistem pengapian, sistem pengereman dan sistem kemudi.

Motor memiliki attribute(variable) dan behavior(fungsi):

Attribute (State) untuk motor adalah Ban, Stang, Pedal Rem, Gas, Rem,Warna, Tahun Produksi;

Behavior untuk motor adalah Cara enghidupkan Mesin, cara menjalankan Motor, cara belok, cara berhenti dsb.

Pada Object Oriented Programming (OOP) ada tiga konsep utama yaitu:

Encapsulation/enkapsulasi:
Suatu teknik untuk menyembunyikan suatu proses dalam sistem dengan maksud menghindari interferensi dan menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri. Contohnya:

Kita tidak perlu tahu bagaimana sistem motor bekerja dari awal proses menyalakan hingga berjalan, yang terpenting adalah motor hidup dan dapat dimanfaatkan.
Tombol on/off/pencarian channel pada remote Tv.

Inheritance/inheriten:Yaitu teknik pewarisan dimana suatu class dapat mewariskan atribut dan method kepada class lain serta membentuk class hierarchy.
Contohnya:
Class Mobil
|————— |————|
Mobil Truk Mobil Balap Mobil Derek

Polymorphism/polimorpisme:
Kemampuan objek untuk berubah menjadi objek yang lain. contohnya:

Dengan satu baris sintak maka kita dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan, dan fungsi itu akan menyesuaikan dengan sistemnya.

Dengan mengetahui karakteristik dari OOP, selanjutnya kita melangkah lebih jauh lagi tentang class dan merupakan prototype yang mendefinisikan attribute(variable-variabel) dan method-method secara umum.

Dengan rumusan sederhana bahwa class = method + variable.

Contohnya : Sepeda, Mobil dsb.

Pada prinsifnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek, dimana objek merupakan instance dari class.
Ada dua hal utama yang menjadi perhatian suatu objek yaitu:

Objek memiliki attribut, yang dalam perangkat lunak akan disimpan dalam variable-variabel.

Objek memiliki prilaku atau lebih dikenal dengan behavior.
Dalam perangkat lunak prilaku/behavior disimpan dalam method-method atau fungsi-fungsi.

Contoh dari Objek:
yaitu sepedanya Budi, sepedaku.

Attribut(state) dari sepeda adalah: pedal, roda, jeruji dan warna.

Behavior dari sepeda adalah:
bergerak maju, kecepatan menaik, kecepatan menurun, dan perpindahan gigi.

Pengertian tentang Atribut dan Method adalah:

Attribut adalah berbagai variable yang yang dimiliki oleh class, dimana nilai datanya dapat ditentukan oleh objeknya. Contoh :
Person             Person           Person
nama                Ketut             Meiske
usia                   40                  30
Class dengan attribute objek dengan variable.

Method adalah perintah bagaimana bekerjanya sebuah class dan method akan melakukan :
Manipulasi data.
Perhitungan matematika.
Memonitor kejadian dari suatu event.

Belajar membuat kode program Java.
Dengan menggunakan TexPad.

Menulis Program “ Hallo Baliku”
public class Hallo{
public static void main(String[] args){
System.out.println(“Hallo Baliku”);
}}
Kemudian disimpan dengan nama Hallo.java ( nama harus diakhiri dengan.java).

Java sangat case sensitive, sehingga penulisan harus memperhatikan huruf besar atau huruf kecil.
Dari contoh di atas dapat dikatakan bahwa:
Program Java harus memiliki method di public class:

Program Java di awali oleh pernyataan:
public static void main(String[] args) {

Untuk menampilkan variable yang di inginkan dapat menggunakan perintah :
System.out.println( ); dan System.out.print( );

Contoh program java:

Public class OutputVariable{
public static void main (String [] args){
int value = 10;
x = ‘A’;

// menampilkan di layar
System.out.println(value);
System.out.println(“ The value of x=” +x);
}}
setelah melalui proses compile akan tampil teks berikut di layar
10
The value of x=A

Jika pernyataan pada System.out.println( ); di tulis menjadi System.out.print( ); Akan menghasilkan : 10 The value of x=A

tanda “//” bermakna komentar dan tidak akan diproses.

Program menciptakan Class dan memanggil Object

class manusia{
String warnaRambut;
int tahunLahir;
}
disimpan dengan nama Manusia.java.

public class ManusiaBeraksi{
public static void main(String[] args{

// membuat objek
Manusia manusiaku = new Manusia( );

/* memanggil attribute dan memberi nilai */
manusiaku.warnaRambut = “Hitam”;
manusiaku.tahunKelahiran= 2005;

System.out.printl(“Warna Rambut: ” +manusiaku.warnaRambut);
System.out.println(TahunKelahiran: ” +manusiaku.tahunKelahiran);
}}
disimpan dengan nama ManusiaBeraksi.java

Program Java dengan method
class Motor{
int kecepatan=0;
int gir=0;

//method
void ubahGir(int pertambahanGir){
gir = gir + pertambahanGir;
System.out.println( “Gir : “+gir);

void tambahKecepatan(int tambahKecepatan){
kecepatan = kecepatan + tambahKecepatan);

System.out.println(“Kecepatan : ” +kecepatan);
}}
disimpan dengan nama Motor.java.
selanjutnya dibuat program untuk eksekusi dengan nama
MotorBebekBeraksi.java.

public class MotorBebekBeraksi{
public static void main(String[]agrs){

//membuat objek
Motor motorku = new Motor( );
motorku.kecepatan =60;
motorku.gir=2;

// memanggil method dan menunjuk nilai parameter.

motorku.tambahKecepatan(30);
motorku.ubahGir(2);
}}

contoh program java dengan Inheritance(pewarisan)

class MotorBalap extends Motor{
int setLampu;
public void setLampu(int kondisiLampu){
setLampu=kondisiLampu;
System.out.println (“Kondisi Lampu: “+setLampu);
}}
disimpan dengan nama MotorBalap.java

public class MotorBalapBeraksi{
public static void main(String[]args){

// membuat objek
MotorBalap motorku = new MotorBalap( );

// memanggil method dan memberi nilai
motorku.tambahKecepatan(15);
motorku.ubahGir(5);
motorku.setLampu(1);
}}
disimpan dengan nama MotorBalapBeraksi.java.

Sumber : Materi Kuliah Pak Romi Satria Wahono dan OOP Oleh Jeni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s