Pengenalan Java

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING

Paradigma Pemrograman
Cara pandang dan model pemrograman yang berkaitan erat dengan bagaimana suatu masalah diformulasikan dalam bahasa pemograman.

Pendahuluan.
Teknologi Informasi khususnya dunia komputer dibangun oleh tiga komponen yaitu:
Hadware\perangkat keras yaitu perangkat fisik dari komputeryang tersusun atas komponen elektronik dan mekanik.

Software\perangkat lunak yaitu komponen yang terinstall di dalam hadware terdiri dari aplikasi-aplikasi dan data yang dimanfaatkan sesuai keperluan.

Dari begitu banyak manfaat yang ada, bahasan pada saat ini lebih menekankan pada kemampuan komputer sebagai alat yang mampu menterjemahkan, mengolah dan memberikan informasi, dengan mempergunakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek.

Yang dimaksud dengan bahasa pemrograman adalah teknik dasar manusia untuk berkomunikasi dengan komputer.Komunikasi akan terjadi apabila terjadi saling pengertian, karena bahasa manusia dengan komputer sangat-sangat jauh berbeda seperti:
Komputer hanya mengenal 0 dan 1 ( on dan Off)
Manusia tidak mengerti\pahan berbicara dengan 0 dan 1.

Melihat perbedaan yang demikian itu maka diciptakanlah bahasa pemrograman yang dapat menjembatani antara komputer dan manusia.Yaitu bahasa yang mampu mengubah apa yang dimaksud oleh manusia ke bahasa yang dimengerti oleh komputer demikan juga sebaliknya.
Ada dua teknik yaitu:

Compiler yaitu mengkompilasi source code menjadi bentuk file yang dapat dieksekusi.

Interpreter yaitu mengkompilasi dan menjalankan source code secara langsung.

Dalam kehidupan manusia mengenal tingkatan bahasa, ternyata dalam bahasa pemrograman juga mengenal tingkatan yaitu:

Bahasa pemrograman tingkat Rendah yaitu bahasa yang sangat sulit dimengerti oleh manusia karena instruksinya menggunakan bahasa mesin yaitu 0 dan 1 (ON & OFF). Di kenal dengan sebutan bahasa Assembly dan intruksi-intruksi program diterjemahkan oleh Assembler.

Bahasa pemrograman tingkat Sedang yaitu bahasa yang instruksinya menggunakan bahasa yang mendekati hal sehari-hari, akan tetapi masih cukup sulit untuk dipahami oleh manusia karena menggunakan singkatan-singkatan yang membutuhkan waktu untuk dipaham. Contohnyai STO untuk simpan (STORE), MOV untuk pindah(MOVE). Yang termasuk bahasa tingkat sedang adalah Pascal, Fotran dan C .

Bahasa pemrograman tingkat Tinggi yaitu bahasa yang mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah untuk dimengerti. Dalam proses penterjemahan instruksi-instruksi kedalam bahasa mesin menggunakan. Yang termasuk ke dalam kelompok bahasa tingkat tinggi adalah dot Net, C++ dan Java, yang akan dibahas dalam sesi ini.

Latar Belakang.
Pendiri NKRI pernah mengatakan JASMERAH yang artinya angan Sekali-kali Melupakan Sejarah, dapat diartikan bahwa segala sesuatu yang ada dan terjadi di muka bumi ini pasti ada prosesnya, tidak muncul begitu saja. Demikian juga dengan Pemrograman Java, begini cerita awalnya:

Pada tahun 1991, Insinyur-insinyur dari Sun dibawah komando Patrick dan James Gosling bermaksud merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer cable TV Box. Pada saat itu keterbatasan memory menjadi halangan sehingga harus dibuat program yang berukuran kecil dan bebas dari mesin yang menjalankannya, proyek ini diberi nama kode “Green”. Karena proyek Green dikerjakan oleh orang-orang yang berbasis C++, maka kebanyakan sintak diambil dari C++ dan memasukkan unsur orientasi objek dan bukan prosedural. Bahasa ini diberi nama “Oak” oleh James Gosling terinspirasi dari pohon oak yang tumbuh di seberang kantornya. Singkat cerita akhirnya SUN mengganti nama Oak dengan JAVA, terinspirasi ketika mereka menikmati secangkir kopi di kedai kopi, ada yang menyebut Java yang berarti asal bijih kopi. Mulai saat itu bahasa pemrograman tersebut di beri nama Java.

Apa itu Java?
Java sebagai Bahasa Pemrograman Java sebagai satu diantara banyak bahasa pemrograman lainya, juga dapat melakukan hal yang sama seperti bahasa-bahasa pemrograman konvensional lainnya, akan tetapi ada hal yang khusus dimiliki oleh Java yaitu sebagai bahasa pemrograman yang berorientasi objek, serta dapat di jalankan di berbagai platform sistem operasi dan bersifat open source.

Java sebagai Development Environment maksudnya :
Teknologi Java menyediakan banyak tools yang dimanfaatkan dalam proses pemrograman Java, seperti compiler, interpreter, penyusun dokumentasi, paket kelas dan lain sebagainya.

Java sebagai sebuah Aplikasi maksudnya: Teknologi Java menghasilkan aplikasi yang dapat dijalankan pada semua mesin yang memiliki Java Runtime Environment.
Java sebagai Deployment Environment.

Bahwa Java memiliki 2 komponen utama:

Yang pertama Java Runtime Environment (JRE) yang terdapat dalam paket J2SDK yang berisikan semua paket teknologi Java seperti kelas dasar Java, komponen GUI dan lain-lain.

Yang kedua yaitu Interpreter dan Runtime environment yang hampir seluruh Web Browser Komersial memilikinya.

Karakteristik Java menurut Sun adalah:

Sederhana :
Sintak Java mirip dengan C++, tetapi ada sintaks-sintaks yang diperbaiki seperti menghilangkan pointer yang rumit dan multiple inheritance.
Java juga menggunakan automatic memory dan memory garbage collection.

Berorientasi objek(Object Oriented)Pemodelan dunia nyata ke dalam objek-objek dan diantara objek-objek itu terjadi iteraksi, dan dalam pemrograman di buat modular-modular yang dapat dimanfaatkan kembali.

Dapat didistibusikan dengan mudah. Karena libraries networking yang terintegrasi pada Java, akan memberi kemudahan dalam pembuatan aplikasi yang terdistribusi.

Interpreter Java Virtual Machine (JVM) merupakan interpretes yang dipergunakan oleh program Java, dapat mengkompilasi source code java menjadi java bytecodes efeknya dapat dijalankan diberbagai platform.

Compiler pada Java lebih teliti dalam mendeteksi error dalam pemrograman, karena Java mempunyai runtime-Exception handling, sehingga reliabilitas Java dapat diandalkan.
Security Java sangat andal karena memiliki mekanisme keamanan sistem komputer agar aplikasi Java tidak mengalami kerusakan.

Java memiliki platfom yang independent sehingga tidak perlu banyak versi dan dapat di jalankan pada platform yang berbeda-beda karena ada Java Virtual Machine (JVM).

Source code maupun program java dapat dengan mudah dipindahkan ke platform yang berbeda-beda tanpa harus melakukan kompilasi ulang. Performance Java dapat ditingkatkan dengan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Microsoft, Inprise atau symantec, akibat dipergunakannya Just In Time Compilers (JIT).

Kemampuan untuk melakukan pekerjaan secara simultan dan dalam waktu bersamaan.

Perubahan adalah hal yang dinamis, demikian juga Java perubahan pada method dan class dengan menambahkan properties tidak mengganggu program yang mempergunakan class tersebut.

Instalasi Java.
Dapat di unduh dari :http://java sun.com/javase/downloads//Install Java Standar Edisian dengan klik jdk-6u6-windows-i586-p.exe.

Klik Start – Control Panel- System – Advance – Environment Variables, kemudian set PATH: ketik C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_06.

Untuk typing code installah text editor seperti textpad, notepad++, Jcreator.

Pilihan Java menurut kebutuhan:

Java Standar Edision(Java SE) untuk Desktop, client/Server application.

Java Enterprise Edition(Java EE) untuk e-bussiness, e-commerce, web based applicatioan.

Java Micro Editioan( Java ME) untuk small devices, like palm, handphone.

sumber : materi kuliah Bp. Romi Satria Wahono & Jeni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s