Facebook

Facebook

Pada saat ini terhubung ke internet (dunia maya), sudah menjadi hal biasa bagi kebanyakan orang khususnya di kota-kota besar, entah itu ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, selebriti, musisi, artis, politisi, pengusaha dan kalangan profesional. Hal ini akibat dari internet menyediakan informasi tentang berbagai bidang kehidupan manusia. Salah satu dari begitu banyak, ada jaringan social yang pada saat ini menginspirasi begitu banyak orang dan memanfaatkannya sebagai sarana untuk berbagi informasi dan promosi berbagai produk diberi nama facebook.

Facebook pertama kali diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004, oleh Mark Zuckerberg (pada saat itu masih mahasiswa) hanya untuk kalangan terbatas yaitu hanya mahasiswa Universitas Havard, karena yang memanfaatkan facebook terus bertambah, maka pada Maret 2004 diperluas ke Unversitas Standford, Universitas Columbia dan Universitas Yale. Hal yang lumrah ketika internet banyak diakses, dipakai dan dibutuhkan oleh banyak orang, maka otomatis situs tersebut akan terus ditingkatkan\dikembangakan untuk memenuhi semua criteria yang diinginkan oleh setiap user. Demikian juga dengan facebook sejak 26 September 2006 merupakan momentum bagi facebook untuk masuk pada level dunia, karena boleh diakses oleh siapa saja, sepanjang orang tersebut memiliki alamat e-mail yang valid. Hingga September 2008 facebook telah di rilis ke dalam 20 lebih bahasa. Dan menurut data pada 26 Agustus 2008 facebook telah mendekati 100 juta pengguna dan dikunjungi oleh hampir 132,1 juta, melampaui kompetitornya MySpace yang 117,6 juta. Ini merupakan prestasi yang luar biasa

Yang jadi pertanyaan, kenapa Facebook dapat mencapai prestasi yang demikian hebat? Hal apa saja yang menjadi kelebihan Facebook?

Ada beberapa kelebihan dari facebook diantaranya:

  • <span style=”font-size:small;font-family:Times New Roman;”>Facebook mengijinkan pengguna untuk meng-upload album atau foto tanpa batas, akibat dari fasilitas ini facebook mengungguli situs foto yang tersedia di Yahoo dengan nama flickr.
  • User diijinkan untuk menulis pada facebook Note atau mengimpor tulisan dari blog-blog live journal, blogger, Xangga dan blog lainya. Pasilitas ini dibuka sejak 22 Agustus 2008.
  • Sejak 7 April 2008 ada fasilitas chatting sesama pengguna facebook yang on-line.
  • Facebook sebagai sarana pergaulan dunia, sebagai tempat promosi.
  • Facebook sebagai sarana kampanye bagi para politisi, dan calon Presiden Amerika Serikat Barack Obama, telah memanfaatkan Facebook untuk menarik dukungan dari anggota facebook.
  • Facebook telah dimanfaatkan oleh Event organizer (EO) untuk mempromosikan seluruh kegiatan, untuk mengundang pengunjung sebanyak-banyaknya.
  • Facebook sebagai sarana untuk mencari kawan lama, yang sudah lama di cari-cari, entah itu melalui nama sekolah, nama kota, nama Negara dan di facebook juga dapat membuat group sendiri berdasarkan hobby, musik dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s