Org. Kom & Os

SOAL:
1. Sistem komputer memiliki keterbasan dalam proses penyimpanan data, sehingga dibutuhkan sistem eksternal seperti disk magnetik, RAID, Memori Optik, Pita Magnetik, tugas saudara adalah memberi penjelasan bagaimana cara kerja dan fungsi dari tiap-tiap komponen tersebut?.

2. Program komputer diciptakan alasannya karena intruksi yang dikendalikan oleh hadware tidak stabil, dan setiap program komputer harus dieksekusi oleh bagian-bagian dari komputer, pertanyaannya bagian-bagian mana saja yang terlibat dan bagaimana proses tersebut berlangsung khusus untuk eksekusi program?
3. Sistem komputer mengenal yang namanya Register, pertanyaannya jelaskan apa yang dimaksud dengan register?
4. Untuk menangani tranfer data dan komunikasi dalam sistem komputer antara periferal, CPU dan Memori dibutuhkanlah modul Input/Output. Pertanyaannya apa manfaat modul I/O dan bagaimana kemampuan dari modul I/O tesebut bagi sistem komputer?
5. CPU menerima intruksi-intruksi dalam bahasa asembly atau bahasa mesin, yang direprentasikan dalam pola bit biner yang unik, agar dapat dipahami oleh manusia maka digunakan simbolik, yang biasanya berupa singkatan(mnemonic). Sebutkan simbolik yang dapat dipahami oleh manusia dan artinya (min 5)!.
6. Dalam sistem komputer ada bagian yang berfungsi untuk mengirimkan informasi yang disebut dengan Bus, tugasnya sebutkan bentuk fisik dari Bus tersebut min 3!.
7. Di dalam sistem komputer terdapat memori “cache”
a. Terangkan dimana letak memori cache!
b. Terangkan apa manfaat cache memory dalam sistem komputer!

SOAL:
1. Sistem Operasi yang masih dominan dipergunakan di negera kita ini adalah Ms.Windows. Tugasnya adalah menjelaskan sejarah Ms. Windows sampai versi yang tekahir.

2. Dalam dunia komputer kita mengenal banyak sekali sistem operasi, sebutkan sistem operasi yang anda ketahuai dan orientasi dari OS tersebut secara umum.

3. Kita tentu sering mendengar sistem operasi Linux, dan sudah banyak dimanfaatkan selain windows, tugasnya adalah jelaskan bagaimana perkembangan sejarah Linux hingga detik ini?.

4. Kita tidak dapat membandingkan setiap sistem operasi, karena ini berkaitan erat dengan kebiasaan setiap usernya, yang pasti ada karakteristik mendasar yang dimiliki oleh setiap sistem operasi tersebut. Jelaskan karakteristik dari masing –masing sistem operasi yang anda ketahui!.

5. Agar pengalokasian file, dapat diakses dengan cepat dan efisian, maka harus dilakukan metede-metode tertentu. tugasnya adalah sebutkan dan jelaskan metode-metode tersebut (ada 3) ?

6. Dalam proses instalasi OS, kita sering mendengar istilah FAT dan NTFS, tugasnya adalah apa yang dimaksud dengan FAT dan NTFS tersebut? Jelaskan!.

7. Jelaskan tentang fungsi manajemen I/O dan klasifikasinya!.

8. Dalam manajemen memory ada proses pemetaan virtual ke alamat fisik, gambarkan bagaimana proses tersebut?.

9. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan oleh para pengguna komputer dalam masalah keamanan komputer. Jelaskan tentang dua hal yang dimaksud!.

10. Gangguan dalam dunia komputer sangat banyak, dua diantara yang banyak tersebut adalah masalah virus dan worm, jelaskan apa perbedaan dari kedua penggangu di dunia komputer tersebut!. Selamat mengerjakan semoga suskses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s