memilih pc

Entah sampai kapan perkembangan Teknologi informasi akan berakhir, sepertinya tidak akan pernah berakhir, karena selalu dan selalu muncul teknologi-teknologi baru, yang pada dasarnya, bertujuan memberikan kemudahan bagi umat manusiai. Diantara beraneka ragamnya perangkat teknologi informasi (perangkat keras(hadware) + perangkat lunak(software) + manusia(brainware)) ada`yang disebut dengan personal computer (PC). Pendukung utama dari PC tersebut ada komponen yang disebut dengan motherboard. Timbul pertanyaan mengapa diberi nama motherboard ?, kalau ada motherboard berarti ada juga dong fatherboard. Ternyata tidak ada fatherboard, karena itu akan menimbulkan pemahaman yang lain, seperti ibu pertiwi, nanti akan ada bapak pertiwi. Ini hanya opini saya aja, mungkin diberi nama motherboard, karena di motherboard tersebut tempat ditanamkannya semua device dan saling terhubung satu dengan yang lainnya, sama seperti bumi semua hal hidup dan tumbuh di dalamnya, makanya disebut ibu pertiwi.
Motherboard dari setiap PC memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, sesuai tingkatan teknologinya. Secara umum komponen-komponen yang ada dalam motherboard sbb:
BIOS
Ketika pertama kali computer dinyalakan, maka system komputer akan mengecek BIOS, untuk memastikan apakah semua device yang terpasang sudah siap untuk dioperasikan. Jika ada komponen yang tidak siaap atau konfigurasi tidak tepat, biasanya motherboard mengeluarkan suara yang disebut dengan beep. Beep tiap komponen yang rusak berbeda-beda.
Chipset
Merupakan komponen utama yang ada di motherboard, chipset ini berfungsi mengontrol atau mengatur komunikasi antarmuka dengan komponen yang berbeda dari system. Karena chipset ini menyatu dalam motherboard, biasanya sudah disesuaikan antara jenis chipset dengan motherboard, contohnya ketika seseorang yang berkerja dengan software-software design grafis, game-game yang berat, harus mencari motherboard dengan kemampuan chipset yang mendukung komponen yang berkecepatan tinggi pula.
Memory
Computer memiliki dua jenis memory yaitu ROM dan RAM, ROM merupakan memory yang sifatnya permanen non volatile dan biasanya bawaan pabrik motherboard, sedangkan RAM sebagai memory tempat penyimpanan yang sifatnya sementara volatile, karena begitu computer mati, maka datanya langsung hilang. RAM yang ada saat ini sudah pada generasi DDR3. Setiap pemasangan atau upgrade RAM harus disesuaikan dengan slot yang ada di motherboard, tidak bisa ditukar.
Prosesor (CPU)
Ada ungkapan yang mengatakan inilah otaknya computer, kalau berbicara tentang prosesor, bahkan prosesor menjadi ukuran canggihnya sebuah PC, padahal antara motherboard dengan prosesor itu berkaitan erat, atau dalam bahasa yang umum di dunia computer disebut dengan kompatibilitas. Jadi di dalam motherboard itu ada soket sebagai tempat prosesor, dengan begitu soket yang terdapat dalam motherboard menentukan jenis prosesornya.
Port USB
Universal system bus, merupakan device yang plug and play yang artinya tancap langsung jalan, sebagian besar perangkat yang terhubung ke usb dapat dikenali oleh system, kalau tidak berfungsi berarti dibutuhkan driver dari perangkat tersebut.
Slot ekspansi
Slot ini dibutuhkan jika kita bermaksud melakukan penambahan perangkat yang dibutuhkan, seperti kartu display, suara, dll
SATA
Untuk jenis motherboard yang beredar saat ini, sepertinya sudah mendukung teknologi SATA, baik untuk hardisk maupun optikal drive. Teknologi sebelum sata disebut dengan teknologi IDE.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s