sekilas tentang basis data

Basis data (database)
Kalau ditinjau dari pengertiannya basis data merupakan kumpulan dari data, yang saling berhubungan dan memberikan kemudahan dalam memproleh informasi, basis data bertujuan mengatasi persoalan yang timbul ketika suatu lembaga\perusahaan masih menggunakan pendekatan berbasis berkas. Atau dengan kata lain data base merupakan kumpulan tabel-tabel yang saling terkait. Pertanyaan yang timbul apa perbedaan antara basis data dengan system basis data?

Untuk mengelola basis data (database) dibutuhkan perangkat lunak yang disebut DBMS (database management system). Contoh DBMS : access, oracle, MySQL, … Dalam mengelola dan mengorganisasikan basis data, bahasa yang digunakan ada dua yaitu
 DDL (data definition language)
 DML (data manipulation language)
DML memiliki bahasa yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan basis data tanpa harus memahami bahasa pemrograman, bahasa ters e but disebut dengan query language. Contoh pernyataan SQL : select, insert, update, delete dsb, pernyataan-pernyataan tersebut dapat digabungkan dengan berbagai klausal seperti where, dan penggunaan berbagai operator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s