sistem operasi

System Operasi bagian dari perangkat lunak(software) merupakan program computer yang berisi instruksi-intruksi yang dapat memudahkan interakasi antara pengguna dengan system computer, atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola seluruh suber daya yang dimiliki oleh perangkat keras (hadware).

Dengan kata lain system operasi berfungsi sebagai pengontrol dari system komputer. Sebelum sampai pada tahap seperti sekarang ini, system operasi mengalami ovolusi dari interface yang berbasis text, menuju kepada interface yang detik ini kita gunakan yaitu berbasis GUI.
1. Berbasis Texy atau command line/ dengan mengetikkan perintah di keyboard
Contohnya: c:\> dir untuk melihat isi file
C:\> cd untuk change directori
C:\> cls unruk membersihkan layar

2. Berbasis GUI (graphical user interface) yaitu interface yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengoperasikan computer. GUI dimulai dengan X Windows, kemudian Macintosh, Sun View dan MS Windows, linux, android, sepertinya saat ini semuanya sudah berbasis GUI.

Secara umum system operasi yang dikenal oleh pengguna computer ada dua yaitu windows dan linux, padahal saat ini system operasi sudah sangat banyak seperti untuk Mac, smartphone, tablet dst, dari semua system operasi yang ada, katagori yang sering diterapkan oleh pengembang system operasi yaitu:
1. System tertutup (close source/license) yang artinya system operasi tersebut tidak boleh dikembangkan oleh lembaga lain, dan dalam penggunaannya harus seijin pengembang/berbayar.
2. System terbuka ( open source) yang artinya setiap orang bebas mengembangkan system operasi tersebut dan gratis.

Satu diantara begitu banyak fungsi dari system operasi yaitu menjadwal dan mengirimkan proses untuk dieksekusi oleh proseseor, mengalokasikan sumber daya untuk proses dan menanggapi permintaan program untuk pengguna, untuk mencegah timbulnya konflik di dalam system computer, maka system operasi dalam prosesnya harus mendukung hal-hal berikut:
1. Multiprogramming (multitasking)
Manajemen banyak proses pada satu pemroses (processor).
Komputer pribadi (workstation) adalah sistem pemroses tunggal yang menjalankan sistem operasi multiprogramming seperti MS Windows. Banyak proses dijalankan bersamaan, masing-masing proses mendapat bagian memori dan kendali tersendiri. Sistem operasi mengalih-alihkan pemroses di antara proses-proses tersebut. Program-program yang dijalankan sebenarnya bersifat : saling tak bergantung (independen) satu program pada satu saat (one program at any instant)

2. Multiprocessing
Manajemen banyak proses di komputer multiprocessor (banyak pemroses/processor di dalamnya). Dulunya sistem ini hanya terdapat di sistem besar, mainframe, dan minikomputer. Saat ini workstation telah dilengkapi multiprocessor.

3. Distributed Processing
Manajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer yang tersebar (terdistribusi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s