Tugas Akhir

TUGAS AKHIR

Kalau membahas tugas akhir baik itu untuk diploma 3, strata 1 (skripsi), strata 2 (tesis) dan strata 3( disertasi), bagi sebagian besar mahasiswa menjadi momok yang dapat menambah waktu kuliah, banyak kasus semua mata kuliah yang dibebankan untuk meraih suatu gelar, sudah terambil atau sudah ditempuh semuanya, akan tetapi ketika harus mengadakan penelitian untuk tugas akhir, mengalami hambatan karena ditolak, penelitian yang tidak sesuai keilmuan, terlalu sederhana, atau faktor diri mahasiswa itu sendiri karena tidak memahami proses dalam melakukan penelitian, tidak memahami bahwa penelitian itu seharusnya dimulai dengan studi literatur, tidak dapat memformulasikan pertanyaan penelitian, atau tidak memahami metode penelitian dengan baik.  Berikut ini hal-hal yang dapat membantu khususnya mahasiswa jurusan komputer dalam memahami tahapan-tahapan dalam penelitian tugas akhir :

1. menentukan bidang yang mau digarap (research field)
maksud dari langkah pertama ini bahwa penelitian yang dilakukan harus sesuai dengan keilmuan atau disiplin ilmu yang dipahami kalau di jurusan komputer seperti bidang networking, software enginnering, data mining, multimedia, game dsbnya. atau cara paling mudah lihat buku panduan yang masing-masing perguruan tinggi miliki. biasanya di dalamnya sudah dijelaskan semua hal berkaitan dengan tugas akhir.
2. menentukan topik/tema penelitian (research topic)
maksud dari langkah kedua ini bahwa penelitian itu harus fokus, tidak melebar sehingga pembahasannya tepat sasaran, kalau dalam bidang teknologi komputer seperti khusus tentang jaringan komputer, cloud computing, sistem informasi transformasi online, game simulasi, game berbasis android, atau dengan cara membaca buku-buku, peper, artikel, jurnal-jurnal, sesuai topik yang mau diteliti.
3. langkah berikutnya menentukan masalah penelitian (research problems)
penelitian dapat dilakukan kalau ada masalah, dengan kata lain kalau tidak ada masalah tidak perlu dilakukan penelitian. untuk menemukan masalah tentu harus dilakukan analisa yang tajam, setajam silet dan tentunya hal ini tidak mudah karena harus banyak membaca khususnya jurnal-jurnal ilmiah. contoh kenapa saat ini tranformasi online mendapat sambutan yang luar biasa? tentunya harus dilakukan proses identifikasi masalah, kemudian dianalisa sehingga ditemukan jawabannya.
4. meramkum metode-metode yang ada (state of the art methods).
maksudnya mengumpulkan metode-metode yang berkaitan dengan bagaimana masalah yang ada dapat dipecahkan, hal yang harus dilakukan yaitu studi literatur tentang penelitian yang memiliki kesamaan. dengan demikian anda dapat memahami metode/algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada. kalau dalam bidang komputer seperti ketika jaringan komputer di kantor anda masalah dapat diterapkan metode manajemen bandwith dengan perangkat xyz, atau kesulitan dalam belajar berhitung, dapat diterapkan metode jarimatika atau jarimagic yang di tuangkan ke dalam game simulasi.
5. langkah yang ke lima, tentukan solusi yg diusulkan (proposed method).
maksudnya bahwa solusi yang ditawarkan memiliki keunggulan dan dapat dibuktikan secara matematis, empiris, sehingga penelitian yang dilakukan dapat berkontribusi karena mampu memecahkan persoalan yang ada.

sumber : Romi Satria Wahono.Net.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s